Community Development
Deskripsi Mata Kuliah : Community Development (Pengembangan Masyarakat)(BMH3U4)
Pengembangan masyarakat merupakan mata kuliah yang dirancang sebagai bentuk partisipasi aktif mahasiswa sebagai upaya mendukung pemberdayaan masyarakat melalui melalui integrasi dengan pembelajaran mata kuliah berbasis kewirausahaan
| Mata Kuliah | : | Pengembangan Masyarakat (Community Development) | Kode Mata Kuliah | : | BMH3U4 | ||||||
| Semester | : | 7 (Tujuh) | SKS | : | 4 | ||||||
| Prasyarat | : | BMH43J dan BMH3M4 | Sertifikasi | : | Ya / Tidak | ||||||
| Capaian Pembelajaran | : | · Mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi usaha di suatu komunitas/masyarakat · Mahasiswa mampu menganalisis peluang untuk pengembangan usaha di suatu komunitas/masyarakat · Mahasiswa mampu menjadi pribadi yang bertanggung jawab, berperilaku positif serta produktif di masyarakat. · Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan memimpin, membangun karakter, dan pemenuhan peran dalam pengembangan komunitas yang dilakukan secara berkelompok dalam kurun waktu tertentu. | |||||||||
| Minggu ke | Kemampuan akhir yang diharapkan | Bahan Kajian (materi ajar) | Bentuk Pembelajaran | Kriteria Penilaian (indikator) | Bobot | ||||||
| 1 | Mampu memetakan potensi dan permasalahan suatu komunitas, dan membuat perencanaan strategis di suatu komunitas | · Pengembangan Masyarakat · Sejarah Pengembangan Masyarakat | · Ceramah dan Overview · Pembagian kelompok | – Kemampuan mengidentifikasi – Kemampuan menganalisis – Keaktifan | |||||||
| 2 | Mampu mengidentifikasi potensi sumber daya (alam dan manusia) yang ada di suatu daerah | · Pemetaan sumber daya dari daerah pedesaan (manusia dan sumber daya alam) · Pemetaan sumber daya dari daerah pedesaan (kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan tantangan) | Ceramah, mentoring, studi ke lapangan-1 | – Kemampuan mengidentifikasi – Kemampuan menganalisis – Kemampuan menggali informasi – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
| 3 | Mampu menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari potensi bisnis yang ada di suatu daerah yang disesuaikan dengan potensi sumber daya manusia yang ada. | · Pendekatan Pengembangan Masyarakat | Presentasi kelompok ke-1 dan mentoring | – Kemampuan memaparkan – Kemampuan interaktif – Keaktifan – Kelengkapan data lapangan – Kemampuan bekerjasama dalam tim | 5% | ||||||
| 4 | Mampu menganalisis strategi-strategi perencanaan pengembangan usaha yang efektif dan efisien di masyarakat | · Pendekatan interaksi untuk pengembangan masyarakat · Peran konflik dalam pengembangan masyarakat
| Ceramah, mentoring, studi ke lapangan-2 | – Kemampuan mengidentifikasi – Kemampuan menganalisis – Kemampuan menggali informasi – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
| 5 | Mampu mengidentifikasi dan membuat perencanaan program pemberdayaan masyarakat berbasis kewirausahaan | · Pendekatan Bantuan Teknis | Presentasi kelompok ke-2 dan mentoring | – Kemampuan memaparkan – Kemampuan interaktif – Keaktifan – Kelengkapan data lapangan – Kemampuan bekerjasama dalam tim | 5% | ||||||
| 6 | Mampu membuat perencanaan dan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat berbasis kewirausahaan | · Aksi penelitian dan evaluasi pengembangan masyarakat | Studi ke lapangan-3 (persiapan bisnis di masyarakat) dan mentoring | – Kemampuan mengidentifikasi – Kemampuan menganalisis – Kemampuan menggali informasi – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
| 7 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-1 | Studi ke lapangan-4 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
| 8 | UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) | 15% | |||||||||
| 9 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-2 | Studi ke lapangan-5 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
| 10 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-3 | Studi ke lapangan-6 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
| 11 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | · Prinsip Bekerja Bersama: Mengembangkan hubungan yang mendukung inisatif pengembangan komunitas | Presentasi kelompok ke-3 dan mentoring | – Kemampuan memaparkan – Kemampuan interaktif – Keaktifan – Kelengkapan data lapangan – Kemampuan bekerjasama dalam tim | 5% | ||||||
| 12 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-4 | Studi ke lapangan-7 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
| 13 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-5 | Studi ke lapangan-8 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
| 14 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-6 | Studi ke lapangan-9 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
| 15 | Mampu mengevaluasi keberhasilan suatu program pemberdayaan masyarakat dan menganalisis potensi pengembangan selanjutnya. | Presentasi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat | Presentasi kelompok (final) | – Kemampuan memaparkan – Kemampuan interaktif – Keaktifan – Kelengkapan data lapangan – Kemampuan bekerjasama dalam tim | 5% | ||||||
| 16 | UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) | 15% | |||||||||