Game Theory Application in Economics and Business
Mata kuliah ini menyediakan teori bidang strategi ke banyak contoh dan kasus sederhana dari ekonomi dan bisnis. Kemampuan logika, algoritma dan matematika menjadi bekal yang baik sebagai strategi mengikuti perkuliahan. Penerapan contoh dan kasus mempermudah menerapkan strategi ke dunia nyata. Di akhir perkualiahan, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan metode yang sesuai dengan kasus yang mereka angkat dari dunia nyata.
Mata Kuliah | : | Aplikasi Teori Permainan Dalam Ekonomi dan Bisnis | Kode Mata Kuliah | : | BMH3T4 | ||||||
Semester | : | 5 | SKS | : | 4 | ||||||
Prasyarat | : | Sertifikasi | : | Ya / Tidak | |||||||
Capaian Pembelajaran | : | · Memahami bagaimana konsep teori permainan dan pendekatannya terhadap permasalahan strategis dalam ekonomi dan bisnis · Mengetahui isu-isu strategis dan memahami bagaimana teori permainan bisa memutuskan metode yang sesuai untuk menganalisis permasalahan tersebut · Memahami dan mengaplikasikan penggunaan metode yang dapat diaplikasikan mahasiswa pada kasus dunia nyata
| |||||||||
Minggu ke | Kemampuan akhir yang diharapkan | Bahan Kajian (materi ajar) | Bentuk Pembelajaran | Kriteria Penilaian (indikator) | Bobot | ||||||
1 | Mahasiswa memahami apa itu teori permainan dan elemen-elemen teori permainan | · Sejarah dan gagasan teori permainan · Contoh teori permainan | · Ceramah Gagasan dan Contoh Utama · Diskusi contoh dalam kehidupan sehari-hari | · Mampu menjelaskan apa itu teori permainan dengan tepat · Mampu memberikan contoh dan cerita mengenai permainan strategi dalam kehidupan sehari-hari
| 3% | ||||||
2 | Mahasiswa memahami klasifikasi permainan | · Langkah Sekuensial vs Simultan · Kepentingan Pemain sama vs bertentangan · Permainan sekali atau berulang kali · Informasi lengkap vs informasi terbatas · Aturan permainan · Istilah-isilah permainan | · Ceramah · Diskusi kelompok | · Mampu menjelaskan istilah-istilah dalam teori permainan dengan tepat · Mampu mengklasifikan jenis permainan dengan tepat | 3% | ||||||
3 | Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan | · Pohon permainan · Urutan Permainan | · Ceramah · Diskusi kelompok | · Mampu memahami elemen-elemen pohon permainan dengan baik · Mampu menyelesaikan permainan dengan pohon permainan dengan tepat · Mampu menjelaskan keunggulan urutan bermainan dengan benar | 3% | ||||||
4 | Mahasiswa memahami langkah simultan dengan strategi diskrit | · Permainan langkah simultan: langkah diskrit · Nash Equilibrium · Dominasi · Analisis respon terbaik · Metode Minimax · Ekuilibrium majemuk dalam strategi murni · Tidak ada Ekuilibrium dalam strategi murni | · Ceramah · Diskusi kelompok | · Mampu menjelaskan langkah simultan pada strategi diskrit · Mampu berfikir logis dari kasus · Mampu menganalisis ekulibrium dari kasus dengan tepat | 3% | ||||||
5 | Mahasiswa memahami langkah simultan dengan strategi simultan | · Strategi murni pada variable kontinu · Rasionalisasi
| · Ceramah · Permainan peran · Diskusi kelompok | · Mampu menganalisi strategi murni pada persaingan harga · Mempu membuktikan secara empririk konsep Nash Equilibrium melalui permainan peran | 3% | ||||||
6 | Mahasiswa memahami penggabungan langkah sekuensial dan simultan | · Game dengan langkah simultan dan sekuensial · Perubahan langkah · Perubahan metode analisis | · Ceramah · Diskusi kelompok | · Mampu menggambarkan game langkah simultan dengan baik · Mampu menunjukkan dan menganalisis game langkah sekuensial dengan benar | 3% | ||||||
7 | Mahasiswa memahami permainan langkah simultan dengan strategi bauran | · Zero sum games · Review Materi | · Ceramah · Diskusi kelompok | · Mampu membuktikan pembauran zero sum games · Mampu menganalisis kasus dengan tepat | 3% | ||||||
8 | UTS | 25% | |||||||||
9 | Mahasiswa memahami permainan langkah simultan dengan strategi bauran | · Non Zero sum games · Penjelasan tugas besar | · Ceramah · Diskusi kelompok | · Mampu membuktikan pembauran non zero sum games · Mampu menganalisis kasus dengan tepat | 3% | ||||||
10 | Mahasiswa memahami kondisi ketidakpastiaan dan informasi | · Informasi Asimetris · Komunikasi langsung · Signaling dan screening · Pembayaran insentif
| · Ceramah · Diskusi kelompok · Tutorial tugas besar | · Mampu membedakan jenis kepastian dan informasi dalam berbagai kasus · Mampu membuktikan signaling dan screening · Memberikan laporan kemajuan tugas besar
| 3% | ||||||
11 | Mahasiswa memahami Dilema Narapidana dan Games berulang | · Game dasar · Solusi 1: Pengulangan · Solusi 2: Penalti dan Imbalan · Solusi 3: Kepemimpinan · Dilema dunia nyata | · Ceramah · Diskusi kelompok · Tutorial tugas besar | · Mampu membuat bukti eksperimen · Mampu menjelaskan dilemma padakasus dunia nyata dengan tepat · Memberikan laporan kemajuan tugas besar | 3% | ||||||
12 | Mampu memahami jenis games evolusioner | · Kerangka pemikiran · Dilema narapidana · Chicken game · Assurance game · Interaksi antar spesies · The Hawk-Dove Game · Tiga Fenotip dalam populasi | · Ceramah · Diskusi kelompok · Tutorial tugas besar | · Mampu menjelaskan kerangka pemikiran menggunakan teori permainan · Mampu menjelaskan perbandingan model revolusioner dan rasional · Memberikan laporan kemajuan tugas besar | 3% | ||||||
13 | Mampu memahami aplikasi teori permainan dalam ekonomi dan bisnis | · Tawar-Menawar · Pasar dan Kompetisi | · Ceramah · Diskusi kelompok · Tutorial tugas besar | · Mampu menjeaskan ulang dengan lengkap model aplikasi teori permainan · Memberikan laporan kemajuan tugas besar | 3.5% | ||||||
14 | Mampu memahami aplikasi teori permainan dalam ekonomi dan bisnis | · Pemungutan suara · Lelang | · Ceramah · Diskusi kelompok · Tutorial tugas besar | · Mampu menjeaskan ulang dengan lengkap model aplikasi teori permainan · Memberikan laporan kemajuan tugas besar | 3.5% | ||||||
15 | Presentasi 3 besar tugas terbaik individu | · Presentasi · Tanya jawab | · Mampu memberikan komentar yang sesuai dengan topik presentasi · Mampu memberikan pertanyaan yang sesuai dengan topik · Mampu menjawab pertanyaan dari forum | 10% | |||||||
16 | UAS | 25% |