Platform Strategy
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan kemampuan mengaplikasi manajemen strategi dalam era informasi yang didasarkan pada perkembangan terkini dari teknologi informasi dan komunikasi (ICT), perubahan perilaku kosumen, dan perubahan pengukuran kinerja pada era sharing economy. Topik yang dibahas adalah perkembangan teknologi, perkembangan value perusahaan yang didasari oleh sharing economy, dan perkembangan model bisnis era informasi. Mata kuliah Platform Strategy memberikan pendekatan yang terstruktur agar mahasiswa memahami, mampu mengimplementasikan dan mengembangkan sebuah platform bisnis yang terukur (scalable) sebagai salah satu bentuk inovasi bisnis yang melibatkan banyak pihak untuk menciptakan nilai.
Mata Kuliah | : | Strategi Platform | Kode Mata Kuliah | : | EBH0I4 | |||||
Semester | : | 4 | SKS | : | 4 | |||||
Prasyarat | : | Sertifikasi | : | Tidak | ||||||
Capaian Pembelajaran | : | Mata kuliah Platform Strategy memberikan pendekatan yang terstruktur agar mahasiswa memahami, mampu mengimplementasikan dan mengembangkan sebuah platform bisnis yang terukur (scalable) sebagai salah satu bentuk inovasi bisnis yang melibatkan banyak pihak untuk menciptakan nilai. | ||||||||
Minggu ke | Kemampuan akhir yang diharapkan | Bahan Kajian (materi ajar) | Bentuk Pembelajaran | Kriteria Penilaian (indikator) | Bobot | |||||
1 | · Mampu menjelaskan faktor-faktor kunci yang mengarah pada Platform Scale dan bisnis-bisnis yang dapat mengambil keuntungan dari hal tersebut. · Mampu menjelaskan pergeseran mendasar dalam model bisnis baru. | · Pengantar Platform Strategy: Faktor-faktor kunci platform strategy · Pergeseran model bisnis menuju platform: Ecosystem thinking, The digital business models, Alternate markets, and smar architecture for platform business models | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, diskusi kelompok
| 1. Memahami faktor-faktor kunci pergeseran menuju platform thinking 2. Mampu mendefinisikan konsep dasar Platform Strategy 3. Mampu membedakan dengan memberikan contoh pipes vs platform business | 3% | |||||
2 | Mampu menjelaskan tentang prinsip-prinsip kunci yang dibutuhkan untuk merancang suatu platform: multi-sided, user driven, dan interaction-centric.
| Designing and Planning for Platform Scale (1): 1. New ideas with value 2. Case: Uber’s Drivers, Google’s Crawlers and GE’s Machines 3. Building the new interaction 4. Design Principles for the Internet of Everybody 5. Building the Mechanics of personalization | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, tugas dan diskusi kelompok
| 1. Mampu menjelaskan dengan detail prinsip-prinsip kunci perancangan platform strategi 2. Mampu menjelaskan kasus-kasus utama platform business 3. Mampu menjelaskan keterkaitan antara internet-of-thing dengan platform business 4. Mengumpulkan tugas tepat waktu | 3% | |||||
3 | Designing and Planning for Platform Scale (2): 1. Approach and philosophy to build a Business Engine 2. Build feedback loops 3. Framework for Managing Platform Scale 4. The Platform Thinkers’ Canvas | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, tugas dan diskusi kelompok | 1. Mampu menjelaskan dengan detail platform business engine 2. Mampu menjelaskan feedback loops dan contohnya 3. Mampu menjelaskan framework untuk mengelola platform scale 4. Mengumpulkan tugas tepat waktu | 3% | ||||||
4 | Mampu menggunakan prinsip-prinsip platform strategy untuk membangun platform business yang kuat dengan mengembangkan aktifitas pengendalian dan pengelolaan berkelanjutan yang memungkinkan perusahaan menangkap nilai pada suatu platform
| Executing Towards Platform Scale (1): 1. Building Incentives for User Contributors 2. Encouraging Usage by Removing Barriers 3. The Instagram Approach to Building the Next Facebook 4. Transaction-Friction Matrix 5. How Sampling Costs and Risk Costs Determine Scale 6. The 7 Cs of Building Trust in the Sharing Economy | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, tugas dan diskusi kelompok | 1. Mampu menjelaskan dengan detail prinsip-prinsip implementasi platform business 2. Mampu menganalisis dengan menggunakan Transaction-Friction Matrix 3. Mampu menyusun 7 cs dalam membangun kepercayaan di era sharing economy 4. Mengumpulkan tugas tepat waktu | 4% | |||||
5 | Executing Towards Platform Scale (2): 1. Cumulative Value Network Effects 2. How to monetize ecosystems 3. Case Study: How to Fail Like Facebook | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, tugas dan diskusi kelompok | 1. Mampu menjelaskan dengan detail cumulative value of network effect 2. Mampu menganalisis dan mengembangkan cara memonetisasi ekosistem 3. Melakukan analisis dan pelaporan terhadap kasus yang diberikan | 4% | ||||||
6 | Mahasiswa mampu mengenali masalah telur dan ayam pada perusahaan-perusahaan plaform, yaitu antara user participation dan value in the system. Setelah mampu mengenali, mahasiswa akan mampu untuk memecahkan masalah tersebut untuk kepentingan bisnis dengan berbagai macam strategi | Solving Chicken And Egg Problems (1): 1. Chicken and Egg Problem recognition 2. A Design Pattern for Solving Chicken and Egg Problems 3. Powering the Single-Player Network 4. Case Studies: How Paypal and Reddit Faked Their Way to Traction | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, tugas dan diskusi kelompok | 1. Mampu menjelaskan Chicken and Egg Problem 2. Mampu menganalisis dan memecahkan masalah Chicken and Egg Problem 3. Melakukan analisis dan pelaporan terhadap kasus yang diberikan | 4% | |||||
7 | Solving Chicken And Egg Problems (2): 1. New Payment Mechanisms 2. Startups beg, borrow, and steal 3. The Micro-market Strategy 4. Case study: From Twitter to Tinder: Hacking Point-in-time Liquidity | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, tugas dan diskusi kelompok | 1. Mampu menjelaskan new payment mechanism 2. Mampu menganalisis dan memecahkan masalah Chicken and Egg Problem bagi start ups 3. Melakukan analisis dan pelaporan terhadap kasus yang diberikan | 4% | ||||||
8 | UTS | 25% | ||||||||
9 | Mampu mengenal, menganalisis, dan merancang serta merekayasa viral effect dalam suatu network untuk kepentingan perkembangan suatau perusahaan
| How to Build an Engine for Repeatable Virality: 1. Why most companies fail at virality… or succeed only once 2. Architecting Diseases: How to Engineer an Epidemic 3. Beyond Growth Hacks: The Design-First Approach to Virality 4. Networks Piggyback Networks 5. Viral Engines: How to Have Too Much of a Good Thing 6. The Viral Canvas: Planning for Platform Scale | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, tugas dan diskusi kelompok | 1. Mampu menjelaskan konsep virality 2. Mampu menganalisis dan memecahkan masalah virality dengan menggunakan the viral canvas 3. Melakukan analisis dan pelaporan terhadap kasus yang diberikan | 4% | |||||
10 | Mampu mengenali dan menganalisis kegagalan startups mencapai skala yang dinginkan dan mampu mengusulkan cara-cara menghindari kegagalan seperti yang dimaksud | Big Enough to Fail: A Scaling Framework for Platforms; An Introduction to Reverse Network Effects; Forms of Reverse Network Effects; & Understanding Network Clusters | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, tugas dan diskusi kelompok | 1. Mampu menjelaskan kegagalan suatu platform mencapai skala yang diinginkan 2. Mampu menganalisis masalah kegagalan suatu platform mencapai skala yang diinginkan dan mengusulkan bagaimana menghindari hal tersebut 3. Melakukan analisis dan pelaporan terhadap kasus yang diberikan | 4% | |||||
11 | Mampu menyusun alat ukur kesuksesan platform business dan mampu mengukur platform scale
| Metrics For Platform Scale: 1. One Final Way to Fail at Platform Scale 2. Ruling Platform Scale with Focus 3. Metrics for Content Platforms 4. Metrics for Marketplaces 5. Metrics for User Communities 6. Platform Metrics for Pirate | Ceramah, diskusi kelas, web surfing, tugas dan diskusi kelompok | 1. Mampu menjelaskan cara pengukuran yang tepat bagi suatu platform 2. Mampu menjelaskan cara pengukuran yang tepat bagi suatu platform 3. Melakukan analisis dan pelaporan terhadap kasus yang diberikan | 4% | |||||
12 | Mampu menyimpulkan dan mengenal platform business and strategy | Dosen Tamu, Wrap up, dan penjelasan tugas besar kelompok
| Ceramah dan diskusi | 1. Hadir dalam kuliah tamu yang akan menghadirkan tokoh bisnis platform 2. Mengumpulkan tugas tulisan essay yang kritis dan tepat waktu | 4% | |||||
13 | Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari dosen pengajar dalam membuat proyek besar mereka di kelas | Proyek Besar Kelompok
| Presentasi dan diskusi | 1. Melakukan presentasi kelompok (rencana) 2. Mengumpulkan tugas mingguan kelompok pada waktu yang tepat | 3% | |||||
14 | Proyek Besar Kelompok
| Presentasi dan diskusi | 1. Melakukan presentasi kelompok (kemajuan) 2. Mengumpulkan tugas mingguan kelompok pada waktu yang tepat | 3% | ||||||
15 | Proyek Besar Kelompok
| Presentasi dan diskusi | 1. Melakukan presentasi kelompok (kemajuan) 2. Mengumpulkan tugas mingguan kelompok pada waktu yang tepat | 3% | ||||||
16 | UAS | 25% |