Community Development
Deskripsi Mata Kuliah : Community Development (Pengembangan Masyarakat)(BMH3U4)
Pengembangan masyarakat merupakan mata kuliah yang dirancang sebagai bentuk partisipasi aktif mahasiswa sebagai upaya mendukung pemberdayaan masyarakat melalui melalui integrasi dengan pembelajaran mata kuliah berbasis kewirausahaan
Mata Kuliah | : | Pengembangan Masyarakat (Community Development) | Kode Mata Kuliah | : | BMH3U4 | ||||||
Semester | : | 7 (Tujuh) | SKS | : | 4 | ||||||
Prasyarat | : | BMH43J dan BMH3M4 | Sertifikasi | : | Ya / Tidak | ||||||
Capaian Pembelajaran | : | · Mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi usaha di suatu komunitas/masyarakat · Mahasiswa mampu menganalisis peluang untuk pengembangan usaha di suatu komunitas/masyarakat · Mahasiswa mampu menjadi pribadi yang bertanggung jawab, berperilaku positif serta produktif di masyarakat. · Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan memimpin, membangun karakter, dan pemenuhan peran dalam pengembangan komunitas yang dilakukan secara berkelompok dalam kurun waktu tertentu. | |||||||||
Minggu ke | Kemampuan akhir yang diharapkan | Bahan Kajian (materi ajar) | Bentuk Pembelajaran | Kriteria Penilaian (indikator) | Bobot | ||||||
1 | Mampu memetakan potensi dan permasalahan suatu komunitas, dan membuat perencanaan strategis di suatu komunitas | · Pengembangan Masyarakat · Sejarah Pengembangan Masyarakat | · Ceramah dan Overview · Pembagian kelompok | – Kemampuan mengidentifikasi – Kemampuan menganalisis – Keaktifan | |||||||
2 | Mampu mengidentifikasi potensi sumber daya (alam dan manusia) yang ada di suatu daerah | · Pemetaan sumber daya dari daerah pedesaan (manusia dan sumber daya alam) · Pemetaan sumber daya dari daerah pedesaan (kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan tantangan) | Ceramah, mentoring, studi ke lapangan-1 | – Kemampuan mengidentifikasi – Kemampuan menganalisis – Kemampuan menggali informasi – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
3 | Mampu menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari potensi bisnis yang ada di suatu daerah yang disesuaikan dengan potensi sumber daya manusia yang ada. | · Pendekatan Pengembangan Masyarakat | Presentasi kelompok ke-1 dan mentoring | – Kemampuan memaparkan – Kemampuan interaktif – Keaktifan – Kelengkapan data lapangan – Kemampuan bekerjasama dalam tim | 5% | ||||||
4 | Mampu menganalisis strategi-strategi perencanaan pengembangan usaha yang efektif dan efisien di masyarakat | · Pendekatan interaksi untuk pengembangan masyarakat · Peran konflik dalam pengembangan masyarakat
| Ceramah, mentoring, studi ke lapangan-2 | – Kemampuan mengidentifikasi – Kemampuan menganalisis – Kemampuan menggali informasi – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
5 | Mampu mengidentifikasi dan membuat perencanaan program pemberdayaan masyarakat berbasis kewirausahaan | · Pendekatan Bantuan Teknis | Presentasi kelompok ke-2 dan mentoring | – Kemampuan memaparkan – Kemampuan interaktif – Keaktifan – Kelengkapan data lapangan – Kemampuan bekerjasama dalam tim | 5% | ||||||
6 | Mampu membuat perencanaan dan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat berbasis kewirausahaan | · Aksi penelitian dan evaluasi pengembangan masyarakat | Studi ke lapangan-3 (persiapan bisnis di masyarakat) dan mentoring | – Kemampuan mengidentifikasi – Kemampuan menganalisis – Kemampuan menggali informasi – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
7 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-1 | Studi ke lapangan-4 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
8 | UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) | 15% | |||||||||
9 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-2 | Studi ke lapangan-5 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
10 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-3 | Studi ke lapangan-6 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
11 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | · Prinsip Bekerja Bersama: Mengembangkan hubungan yang mendukung inisatif pengembangan komunitas | Presentasi kelompok ke-3 dan mentoring | – Kemampuan memaparkan – Kemampuan interaktif – Keaktifan – Kelengkapan data lapangan – Kemampuan bekerjasama dalam tim | 5% | ||||||
12 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-4 | Studi ke lapangan-7 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
13 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-5 | Studi ke lapangan-8 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
14 | Mampu menganalisis aspek-aspek perkembangan bisnis di masyarakat | Laporan perkembangan bisnis-6 | Studi ke lapangan-9 dan mentoring | – Kemampuan memimpin dan mengelola – Kemampuan memecahkan masalah – Kemampuan bekerjasama dalam tim – Kemampuan interaktif | 5% | ||||||
15 | Mampu mengevaluasi keberhasilan suatu program pemberdayaan masyarakat dan menganalisis potensi pengembangan selanjutnya. | Presentasi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat | Presentasi kelompok (final) | – Kemampuan memaparkan – Kemampuan interaktif – Keaktifan – Kelengkapan data lapangan – Kemampuan bekerjasama dalam tim | 5% | ||||||
16 | UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) | 15% |